Tuesday, February 3, 2015

Jangan berikan tablet saat anak sedang rewel

Semakin hari, teknologi semakin tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Tidak hanya orang tua, bahkan anak-anak pun menjadi akrab dengan teknologi. Tak jarang, demi menghibur buah hati yang sedang rewel atau sedih, para orang tua sering memberikan tablet pada mereka. Berbagai macam aplikasi permainan dan video yang menarik di dalamnya diharapkan mampu membuat anak menjadi lebih tenang saat rewel.


Namun sayangnya sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menghimbau Anda agar Anda tidak berlaku demikian. Sebab pemberian tablet atau smartphone pada anak mampu memupus sifat empati mereka.

"Penggunaan teknologi tablet sejak dini dapat memangkas kemampuan bersosialisasi buah hati. Sebab penggunaan teknologi ini akan membuat mereka enggan berinterasi secara langsung dengan lingkungan sekitar. Hasilnya, kemampuan bersosialisasi mereka berkurang. Mereka tidak memiliki rasa empati, sulit memecahkan masalah sosial, serta perkembangan kemampuan motorik yang terganggu," jelas Dr Jenny Radesky, peneliti masalah ini dari Boston University School of Medicine, Amerika Serikat.

"Sebagai orang tua sudah selayaknya Anda menerapkan peraturan yang ketat tentang penggunaan alat teknologi. Jangan sampai teknologi membuat buah hati Anda terlalu asyik dengan dunia mereka sendiri dan lupa akan hakikat mereka sebagai makhluk sosial," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment